"SOAL HOTS"





Salam SALIT (Sahabat Sentiralit) …

HOTS awalnya dikenal dari konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956) yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu Kognitif (keterampilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan).

Konsep Taksonomi untuk menentukan tujuan belajar ini dapat kita sebut sebagai tujuan akhir dari sebuah proses pembelajaran. Jadi, setelah proses pembelajaran tertentu, siswa diharapkan dapat mengadopsi keterampilan, pengetahuan, serta sikap yang baru.

HOTS sendiri merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan. Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, dkk. pada 2001. Urutannya diubah menjadi enam, yaitu:
1. Mengingat (remembering)
2. Memahami (understanding)
3. Mengaplikasikan (applying)
4. Menganalisis (analyzing)
5. Mengevaluasi (evaluating)
6. Mencipta (creating)
Keenam ranah kognitif tersebut dijabarkan ke dalam kata kerja operasional (KKO) seperti pada tabel di bawah ini:



Tingkatan C1 dan C2 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), tingkat C3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat sedang (MOTS), sedangkan tingkat C4 sampai C6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Membuat soal HOTS harus menggunakan teknik-teknik khusus diantaranya jangan membuat soal yang “Langsung”, sajikan Stimulus di dalam setiap soal, kembangkan Stem Soal Pada Level yang di inginkan dengan cara mengajak beberapa tahap berfikir sebelum menentukan jawaban, dan sesuaikan dengan perkembangan kognitif berdasarkan usia/level kelas.
Selain itu penggunaan stimulus juga biasa digunakan dalam membuat soal HOTS, seperti:
1.    Dengan diberikan beberapa uraian sehingga siswa mampu mengidentifikasi/ menentukan/ mengelompokkan, menyimpulkan, dan mampu mengurutkan (proses).
2.    Dengan diberikan narasi/ kasus sehingga siswa mampu menyimpulkan, memperkirakan/memprediksi, menghitung, memberi alasan,  memecahkan, memberi saran, menentukan sikap, dan merancang/membuat.
3.    Dengan diberikan tabel sehingga siswa mampu membandingkan, menghubungkan, dan menentukan perbedaan/persamaan.
4.    Dengan diberikan gambar/ skema/ grafik sehingga siswa mampu menyimpulkan, menjelaskan proses, menentukan nama, menentukan fungsi, mengidentifikasi ciri, merumuskan persamaan/perbedaaan, memberi alasan, dan  memprediksi.

Contoh soal HOTS
1.   Soal (memahamià menyebutkan)
Organel sel yang berfungsi untuk respirasi  adalah ….
A. Ribosom
B. Mitokondria
C. Retikulum Endoplasma
D. Golgi Kompleks
E. Nukleus
2.   Soal (aplikasi à mengidentifikasi)
Perhatikan beberapa organel berikut ini
1)   Ribosom
2)   Nukleus
3)   Mitokondria
4)   Retikulum Endoplasma
5)   Golgi kompleks
Organel sel yang berfungsi untuk respirasi sel dan sintesis protein secara urut adalah …
A.   1 dan 2
B.   2 dan 4
C.   3 dan 1
D.  4 dan 5
E.   5 dan 2
3.   Soal (aplikasi à membandingkan)
Di dalam sel terdapat beberapa organel sel yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Hubungan antara organel sel dan fungsinya pada tabel berikut ini yang benar adalah….


Oraganel Sel
Fungsi
A
Mitokondria
Respirasi sel
B
Retikulum Endoplasma
Sintesis protein
C
Nukleus
Transportasi
D
Ribosom
Koordinasi
E
Golgi Kompleks
Reproduksi

4.   Soal (aplikasi à menghubungkan)
Perhatikan tabel organel sel dan fungsinya berikut ini
  
Oraganel
Fungsi
1
Nukleus
A
Sintesis protein
2
Ribosom
B
Reproduksi
3
Retikulum Endoplasma
C
Respirasi sel
4
Mitokondria
D
Koordinasi
5
Golgi Kompleks
E
Transportasi

Hubungan organel sel dan fungsinya yang benar adalah ….
A.   1 – e
B.   2 – b
C.   3 – d
D.  4 – c
E.   5 - a
5.   Soal (menalar à menganalisis),
Perhatikan ciri-ciri salah satu organel sel berikut ini
1) Bentuk bulat panjang
2) Ukuran 0,5 – 2 Mikrometer
3) Mempunyai membran rangkap
4) Membran dalam berlekuk membentuk krista
Berdasarkan ciri tersebut dapat disimpulkan organel tersebut adalah…
A. Mitokondria
B. Ribosom
C. Retikulum Endoplasma
D. Golgi kompleks
E. Nukleus

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *