Salam SALIT (Sahabat Sentiralit) …
Berdasarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahwa Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam mengeluarkan kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. penyederhanaan RPP ini didedikasikan untuk para guru agar meringankan beban administrasi guru. RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman.
Dengan adanya kebijakan baru tentang penyederhanaan RPP ini, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat.
Prinsip Penyusunan RPP yang ada di Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 ada 8, menjadi 3 yaitu efektif, efesien dan berorientasi pada murid. Sebuah RPP esensinya adalah proses refleksi daripada guru itu. Pada saat dia menulis suatu RPP, dia laksanakan di kelas besoknya, lalu dia kembali pada RPP itu untuk melakukan refleksi. Tercapai apa tidak yang dia maksudkan. Dari situlah pembelajaran terjadi. Jadi bukan dengan menulis 10 halaman sekadar buat administrasi.
RPP 1 Lembar mempunyai 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri), yaitu:
1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen atau Penilaian
Langkah-langkah Pengembangan RPP:
- Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efesien, efektif dan berorientasi pada murid.
- Bahwa dari 13 komponen RPP yang telah diatur dalam permendikbud noor 22Tahun 2016 tentang standar proses Pendidikan dasar dan menengah, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajran dan penilaian pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponene lainnya adalah pelengkap
- Sekolah, kelompok kerja guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok kerja guru/Musyawarah guru mata pelajaran(KKG/MGMP) dan inndividu guru secar bebas dapat memilih, membuat menggnakan dan mengembangkan format RPPsecara mandiri untuk sebesar-besar keberhasilan belajar murid .
- Adapun RPP yang telah dibuat dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan denagn ketentuan sebagaimana dimaksud angka 1,2 dan 3.
Contoh RPP 1 Lembar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik
KELAS : IV ( empat)
TEMA 1 : Indahnya Kebersamaan
SUB TEMA 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
SEMESTER : I / ganjil
Pertemuan I
Kompetensi Dasar | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
Bahasa Indonesia 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan | Kegiatan Pembuka 1. Tanya jawab untuk mengidentifikasi keragaman suku dianatar peserta didik. Kegiatan Inti 2. Membaca teks dalam hati dan diskusi berpasangan menamukan gagasan pokok dan gagasan pendukung (buku tematik halaman 1-5) 3. Presentasi gagasan pokok dan gagasan pendukung yang ditemukan. 4. Latihan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam teks (bupena halaman 4) | Sikap : observasi kerjasama Ketrampilan : Praktik presentasi Pengetahuan: Penugasan |
IPS 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. | 5. Diskusi dan tanya jawab dalam kelas untuk mengidentifikasi asal dan ciri khas daerah masing-masing siswa. 6. Menyimpulkan hasil tentang keberagaman suku dengan menjawab pertanyaan diskusi (buku tematik halaman 8 – 9) 7. Penugasan kelompok mengumpulkan informasi daerah beserta suku bangsa, rumah adat, tarian dan alat musiknya (bupena halaman 6) 8. Presentasi hasil kelompok 9. Kesimpulan berbagai ciri suku di Indonesia | Pengetahuan: penugasan Sikap: Observasi percaya diri |
IPA 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran 4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi . | 10. Mengamati gambar/video berbagai alat musik tradisional dan diskusi/tanya jawab untuk mengidentifikasi cara memainkan dan proses pembentukan bunyi 11. Kesimpulan tentang pembentukan bunyi. (buku tematik halaman 10 -15 atau buku bupena halaman 7) Kegiatan Penutup Penegasan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung, keragaman budaya di Indonesia dan proses pembentukan bunyi |
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 klik disini
Unduh RPP 1 Lembar kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 klik disini
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »