Salam SSA…
Di era sekarang pendidik harus siap menghadapi perubahan regulasi pendidikan, salah satunya regulasi penilaian pembelajaran. Tahun 2018 guru Madrasah harus tahu dan faham akan terbitnya regulasi baru dari dirjen Pendis Kementerian Agama yaitu Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah bernomor 5161. Juknis ini menjadi pedoman bagi guru Madrasah Ibtidaiyah dalam melaksanakan tahapan penilaian pembelajaran.
Guna membantu dan mempermudah guru dalam membuat rapor atau bukti hasil belajar peserta didik, Kementerian Agama menyediakan sebuah aplikasi pengolahan nilai rapor yang disebut ARD (Aplikasi Rapor Digital). Fungsi dan manfaat ARD semula adalah membantu mempermudah pekerjaan guru dalam melakukan penilaian akan tetapi lama-lama guru merasa dipersulit oleh cara kerja aplikasi dan acuan yang digunakan.
Nah…sahabat sentir alit…. Berikut tulisan saya tentang Penilaian dan Aplikasi Rapor Digital (ARD), mudah-mudahan dapat menjelaskan persolan tersebut di atas.
1. Pengetian
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik (Permendikbud no. 23 tahun 2016 Pasal 1 ayat 2)
2. Aspek Penilaian
a . Sikap
- Spiritual (KI-1) : Ketaatan beribadah, berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah
- Sosial (KI-2) : Jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dilaporkan dalam bentuk predikat sangat baik, baik, cukup, atau kurang serta deskripsi yang menggambarkan perilaku peserta didik.
b . Pengetahuan (KI-3) dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka menggunakan rentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D .
c . Keterampilan (KI-4), dilaporkan dalam angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
3. Teknik Penialaian
Keterampilan (KI-4) Pada semua mata pelajaran. Kinerja, penilaian proyek, dan portofolio | Pengetahuan (KI-3) Pada semua mata pelajaran. Tes tertulis, lisan, dan penugasan | Sikap (KI-1 dan KI-2) Pada mata pelajaran PAI dan PPKn. 1. Utama Observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian pada saat pembela jaran dan diluar pembelajaran 2. Penunjang Penilaian diri dan penilaian antar teman |
4. Bentuk Penilaian
Keterampilan (KI-4) 1. Rubrik | Pengetahuan (KI-3) 1. Penilaian Harian (PH) 2. Penilaian Tengah Semester (PTS) 3. Penilaian Akhir Semester (PAS) 4. Penilaian Akhir Tahun (PAT) | Sikap (KI-1 dan KI-2) 1. Jurnal |
5. Ulasan antara ARD dan Aplikasi sebelumnya
a. Bentuk Penilaian yang digunakan pada KI-3 (Pengetahuan)
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. Penilaian Harian (PH) 2. Penilaian Tengah Semester (PTS) 3. Penilaian Akhir Semester (PAS) | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Penilaian Harian (PH) 2. Penilaian Akhir Semester (PAS) | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. Penilaian Harian (PH) 2. Penilaian Tengah Semester (PTS) 3. Penilaian Akhir Semester (PAS) | Aplikasi Lama 1. Penilaian Harian (PH) 2. Penilaian Tengah Semester (PTS) 3. Penilaian Akhir Semester (PAS) |
b. Penggunaan Bobot Penialian
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. Tidak ada 2. Hanya untuk UN) | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Pengetahuan yaitu RPH dan PAS 2. Keterampilan yaitu Kinerja, Proyek dan portofolio | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. Tidak ada 2. Hanya untuk UN) | Aplikasi Lama 1. Tidak ada |
c. Penentuan Hasil Remidi
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. Menggunakan nilai batas KKM | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Menggunakan Hasil Remidi | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. Menggunakan nilai batas KKM 2. Menggunakan Hasil Remidi 3. Rata-rata nilai murni dan hasil remidi | Aplikasi Lama 1. Menggunakan nilai batas KKM |
d. Dasar Deskripsi Nilai Pengetahuan
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian dengan Rumus 2XPH + PTS + PAS dibagi 4 | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Manual | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian dengan Rumus 2XPH + PTS + PAS dibagi 4 | Aplikasi Lama 1. KD maksimal dan minimal pada PH |
e. Dasar Deskripsi Nilai Keterampilan
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Manual | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio | Aplikasi Lama 1. KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio |
f. Bentuk Format Rapor
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018 1. Satu lembar untuk Nilai dan predikat. 2. Deskripsi pada lembar berikutnya | ARD PT. Argo Cipta Persada 1. Satu lembar untuk Nilai dan predikat. 2. Deskripsi pada lembar berikutnya | Panduan Penilaian Dikdasmen Kemendikbud 1. Nilai, Predikat dan Deskripsi berdampingan | Aplikasi Lama 1. Nilai, Predikat dan Deskripsi berdampingan |
SSA….yang terhormat, demikian tulisan saya yang tentunya masih belum sepenuhnya bisa menjawab persoalan tersebut. Untuk itu saya sarankan bagi para pendidik mencari sumber-sumber lain yang lebih lengkap dan jelas.
Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah nomor 5161 tahun 2018 bisa didownload disini
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »