Penilaian dan Aplikasi Rapor Digital (ARD)


Salam SSA…
Di era sekarang pendidik harus siap menghadapi perubahan regulasi pendidikan, salah satunya regulasi penilaian pembelajaran. Tahun 2018 guru Madrasah harus tahu dan faham akan terbitnya regulasi baru dari dirjen Pendis Kementerian Agama yaitu Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah bernomor 5161. Juknis ini menjadi pedoman bagi guru  Madrasah Ibtidaiyah dalam melaksanakan tahapan penilaian pembelajaran.
Guna membantu dan mempermudah guru dalam membuat rapor atau bukti hasil belajar peserta didik, Kementerian Agama menyediakan sebuah aplikasi pengolahan nilai rapor yang disebut ARD (Aplikasi Rapor Digital). Fungsi dan manfaat ARD semula adalah membantu mempermudah pekerjaan guru dalam melakukan penilaian akan tetapi lama-lama guru merasa dipersulit oleh cara kerja aplikasi dan acuan yang digunakan.
Nah…sahabat sentir alit…. Berikut tulisan saya tentang Penilaian dan Aplikasi Rapor Digital (ARD), mudah-mudahan dapat menjelaskan persolan tersebut di atas.
1.   Pengetian
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik (Permendikbud no. 23 tahun 2016 Pasal 1 ayat 2)
2.   Aspek Penilaian
a        .    Sikap
 - Spiritual  (KI-1) : Ketaatan beribadah, berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan  toleransi dalam beribadah
- Sosial (KI-2) : Jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dilaporkan dalam bentuk predikat sangat baik, baik, cukup, atau kurang serta deskripsi yang menggambarkan perilaku peserta didik.
b     . Pengetahuan (KI-3) dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka   menggunakan rentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D .
c     .    Keterampilan (KI-4),   dilaporkan dalam angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
3.   Teknik Penialaian
Keterampilan (KI-4)
Pada semua mata pelajaran.
Kinerja, penilaian proyek, dan portofolio
Pengetahuan (KI-3)
Pada semua mata pelajaran.
Tes tertulis, lisan, dan penugasan
Sikap (KI-1 dan KI-2)
Pada mata pelajaran PAI dan PPKn.
1.  Utama
Observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian pada saat pembela jaran dan diluar pembelajaran
2.  Penunjang
Penilaian diri dan penilaian antar teman


4.   Bentuk Penilaian
Keterampilan (KI-4)
1.     Rubrik
Pengetahuan (KI-3)
1.     Penilaian Harian (PH)
2.     Penilaian Tengah Semester (PTS)
3.     Penilaian Akhir Semester (PAS)
4.     Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Sikap (KI-1 dan KI-2)
1.     Jurnal


5.   Ulasan antara ARD dan Aplikasi sebelumnya
a.   Bentuk Penilaian yang digunakan pada KI-3 (Pengetahuan)
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     Penilaian Harian (PH)
2.     Penilaian Tengah Semester (PTS)
3.     Penilaian Akhir Semester (PAS)

ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Penilaian Harian (PH)
2.     Penilaian Akhir Semester (PAS)

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     Penilaian Harian (PH)
2.     Penilaian Tengah Semester (PTS)
3.     Penilaian Akhir Semester (PAS)

Aplikasi Lama
1.     Penilaian Harian (PH)
2.     Penilaian Tengah Semester (PTS)
3.     Penilaian Akhir Semester (PAS)


b.   Penggunaan Bobot Penialian
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     Tidak ada
2.     Hanya untuk UN)

ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Pengetahuan yaitu RPH dan PAS
2.     Keterampilan yaitu Kinerja, Proyek dan portofolio

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     Tidak ada
2.     Hanya untuk UN)

Aplikasi Lama
1.     Tidak ada


c.   Penentuan Hasil Remidi
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     Menggunakan nilai batas KKM

ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Menggunakan Hasil Remidi

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     Menggunakan nilai batas KKM
2.     Menggunakan Hasil Remidi
3.     Rata-rata nilai murni dan hasil remidi

Aplikasi Lama
1.     Menggunakan nilai batas KKM


d.   Dasar Deskripsi Nilai Pengetahuan
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian dengan Rumus 2XPH + PTS + PAS dibagi 4
ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Manual

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian dengan Rumus 2XPH + PTS + PAS dibagi 4

Aplikasi Lama
1.     KD maksimal dan minimal pada PH


e.   Dasar Deskripsi Nilai Keterampilan
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio
ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Manual

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio

Aplikasi Lama
1.     KD Maksimal dan minimal pada seluruh bentuk penilaian baik kinerja, proyek maupun portofolio


f.    Bentuk Format Rapor
Juknis Penilaian Pendis 5161 2018
1.     Satu lembar untuk Nilai dan predikat.
2.     Deskripsi pada lembar berikutnya
ARD
PT. Argo Cipta Persada
1.     Satu lembar untuk Nilai dan predikat.
2.     Deskripsi pada lembar berikutnya

Panduan Penilaian
Dikdasmen Kemendikbud
1.     Nilai, Predikat dan Deskripsi berdampingan

Aplikasi Lama
1.   Nilai, Predikat dan Deskripsi berdampingan


SSA….yang terhormat, demikian tulisan saya yang tentunya masih belum sepenuhnya bisa menjawab persoalan tersebut.  Untuk itu saya sarankan bagi para pendidik mencari sumber-sumber lain yang lebih lengkap dan jelas.

Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah nomor 5161 tahun 2018 bisa didownload disini

Panduan Penilaian dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bisa didownload disini

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *